Mengetahui Betapa Sehatnya Makan Ikan

Menjaga kesehatan badan tentu menjadi satu hal yang sangat penting. Kesehatan itu sendiri adalah salah satu aset yang berharga bagi setiap orang. Memiliki tubuh yang sehat jelas akan sangat membantu seseorang dalam menjalani semua aktivitasnya. Mereka yang memiliki tubuh sehat akan lebih trengginas, gesit, kuat, cerdas dan juga fokus apabila melakukan sesuatu sehingga pekerjaan akan selesai dengan lebih cepat dan juga benar. Selain itu, tentunya tubuh yang sehat juga akan terhindar dari yang namanya penyakit. Maka tak salah jika kesehatan adalah salah satu kekayaan yang sangat penting. Nah, untuk menjaga kesehatan tubuh, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Mulai dari rajin berolahraga, memperbaiki pola hidup, serta menjaga asupan nutrisi. Penting sekali dalam memilih bahan apa yang masuk ke tubuh kita agar mendapatkan manfaat terbaik. Salah satu bahan makanan yang seharusnya rutin  kita konsumsi adalah ikan.

Manfaat dari Ikan

Sebagai warga Indonesia yang tinggal di negara kepulauan, tentu menjadi sebuah keuntungan bagi kita sebab menjadikan kekayaan hasil laut yang kita miliki semakin melimpah dan memudahkan kita untuk bisa sering memakan ikan. Pemerintah sendiri menggalakkan program  agar masyarakat bisa lebih gemar untuk makan ikan. Sebab, ikan sendiri ternyata memiliki beragam manfaat yang baik untuk tubuh kita. Nah, berikut adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari ikan.

  1. Bagus untuk perkembangan otak dan mata

Mungkin kita sering sekali mendengar jika ibu hamil dan menyusui sebaiknya memperbanyak makan ikan. Ternyata, kandungan DHA yang ada pada ikan sangat berpengaruh dalam perkembangan otak dan juga mata bagi si bayi. Tapi, perlu diperhatikan jika beberapa ikan sendiri juga memiliki kandungan merkuri yang akan berpengaruh pada otak. Pilihlah ikan yang kandungan merkurinya rendah serta batasi jumlahnya.

  1. Mengurangi resiko terkena serangan jantung dan stroke

Penyakit serangan jantung dan stroke nyatanya masih menjadi ancaman bagi kebanyakan orang. Resiko terkena dua penyakit tersebut dipercaya bisa ditekan dengan rajin mengonsumsi ikan. Kandungan asam lemak omega-3 pada ikan, seperti ALA, EPA, dan DHA ternyata baik untuk kesehatan jantung.

  1. Asupan Vitamin D yang bagus

Setiap orang jelas membutuhkan yang namanya vitamin D untuk tubuhnya. Vitamin D sangat bagus bagi kesehatan tulang dan gigi seseorang karena membantu dalam penyerapan kalsiumnya. Ikan adalah salah satu makanan yang cocok dikonsumsi sebab ikan memiliki kandungan vitamin D yang tinggi sehingga dapat memenuhi kebutuhan Vitamin D.

  1. Meningkatkan kualitas tidur

Setiap orang jelas membutuhkan istirahat yang cukup untuk membantu dalam memperbaiki sel dan menghindarkan dari penyakit. Namun, bagi mereka yang kekurangan vitamin D, jelas akan sangat berpengaruh pada tidurnya. Biasanya, mereka akan mengalami kesulitan tidur serta waktu tidur mereka akan singkat. Hal ini jelas akan berdampak buruk pada badan. Tentunya asupan vitamin D yang dibutuhkan tubuh bisa didapatkan dengan rajin mengonsumsi ikan.

  1. Mengurangi resiko lahir prematur bayi

Ternyata ikan sendiri punya manfaat yang bagus bagi ibu hamil selain untuk perkembangan otak si bayi. Kandungan asam lemak omega-3 yang ada pada ikan jelas menurunkan resiko kelahiran prematur pada ibu hamil. Selain itu, asam amino pada ikan membantu pembentukan sel tubuh bayi, seperti kulit, otot, rambut, dan juga tulang.

Cara Memasak Ikan Yang Baik

Meskipun ikan memiliki banyak manfaat karena kandungan nutrisi yang melimpah, namun jika memasaknya sendiri tidak tepat, justru akan mengurangi nutrisi si ikan sehingga manfaat yang didapat juga ikut berkurang. Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memasak ikan tanpa mengurangi nutrisinya.

  1. Dipanggang

Memasak dengan cara ini jelas akan lebih sehat, sebab Anda tidak akan membutuhkan minyak dalam jumlah yang banyak. Jenis ikan yang cocok untuk cara ini adalah tuna, salmon, dan ikan trout air tawar.

  1. Poach

Poach adalah salah satu cara memasak ikan dengan sehat. Anda hanya perlu memasak ikan menggunakan kaldu yang belum mendidih dengan suhu air di kisaran 70-80° C. Ikan yang dihasilkan dari cara masak ini adalah teksturnya yang lembut namun tidak hancur.

  1. Dikukus

Memasak ikan dengan cara dikukus juga menjadi satu alternatif yang bagus. Nutrisi yang terkandung pada ikan tidak akan hilang, serta ikan akan matang secara merata. Daging yang dihasilkan dengan cara mengukus juga tetap lembut dan tidak kering.

Itulah tadi beberapa manfaat serta cara memasak ikan yang baik agar tetap mendapatkan kebaikan dari nutrisinya. Selamat mencoba ya!

Share Button