Robot Anjing Boston Dynamics Berkeliling Ingatkan Social Distancing

Setiap negara yang terserang virus corona, pasti melakukan berbagai upaya untuk memininalisir tersebarnya virus tersebut kepada masyarakat. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menerapkan sistem lockdown, di mana setiap wilayah ditutup aksesnya, sehingga tidak boleh ada yang keluar masuk wilayah tersebut. Untuk mengendurkan terkait aturan lockdown, kemudian banyak negara yang mencari alternatif dengan teknologi canggih sehingga bisa membantu untuk membatasi terjadinya penyebaran virus. Salah satu Negara di kawasan Asia  Tenggara, yaitu Singapura, sudah meminta bantuan kepada Boston Dynamics dan robot anjingnya yang bernama Spot, supaya mengingatkan social distancing kepada masyarakat di taman-taman yang ada di Singapura.

Kapan Uji Coba Robot Spot?

Singapura telah menempatkan Spot di berbagai taman pusat pada hari Jumat, 8 Mei 2020 sebagai salah satu bagian dari masa uji coba selama dua minggu. Apabila Spot mendapati pengunjung taman yang tidak menaati aturan, maka ia akan menasihatinya dan mengatakan kepada pengunjung dengan suara wanita yang sangat lembut. Kurang lebihnya seperti ini, “Mari kita selalu menjaga Singapura supaya tetap sehat. Demi keselamatan kita semua dan bagi orang-orang yang ada di sekitar kita, dimohon beri jarak sekitar satu meter. Terima kasih.”

Apalagi, Spot ini bisa dikendalikan dari jarak yang cukup jauh dan dapat memperkirakan berapa jumlah orang yang ada di taman. Namun demikian, petugas taman mengatakan bahwa kameranya tidak melacak individu dengan merekam berbagai data pribadi. Perlu diketahui bahwa Singapura merupakan salah satu negara paling terdampak di Kawasan Asia Tenggara dengan adanya Covid-19 ini.

Sebagai salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut, maka pemerintah Singapura sudah memberikan saran kepada masyarakat untuk tetap berada di rumah. Namun, jika ada keperluan penting, seperti halnya belanja di luar, maka boleh keluar rumah, dengan syarat menggunakan masker saat berada di tempat umum. Setiap orang juga diizinkan untuk berolahraga di luar rumah, tetapi dengan catatan bahwa mereka harus melakukannya sendiri tanpa berkerumun atau dengan jarak yang dekat.

Keunikan Robot Spot Singapura

Spot merupakan robot kedua yang ada di Singapura yang berfungsi untuk memberi peringatan kepada masyarakat supaya tetap jaga jarak aman. Sedangkan, ada robot yang bentuknya berupa mobil kecil yang dimanfaatkan di reservoir terdekat guna mengingatkan para pengunjung supaya tidak berkeliaran dan tidak berkerumun. Robit yang direkayasa oleh Boston Dynamics ini melakukan percontohan selama kurang lebih 2 pekan. Robot Spot ini memastikan para pengunjung taman untuk menaati peraturan karena adanya pandemi Covid-19. Pertama kalinya robot Spot diuji coba yaitu di Taman Bishan-Ang Mo Kio.

Uniknya dari robot ini, ia dibekali dengan adanya alat analisis, kamera, dan fitur penghindaran adanya kendala. Artinya, pengendali spot bisa melihat para pengunjung taman, apabila para pengunjung tersebut pernah ada di pandangan Spot. Para pengunjung juga tidak bisa bermain-main dengan robot ini, karena robot anjing tersebut sengaja dirancang supaya gesit serta kokoh. Spot mempunyai visi 360 derajat  dan bisa diajarkan rute serta tindakan rutinitas otonom. Spot pun mempunyai banyak sekali kegunaan di berbagai industri, seperti halnya minyak dan gas, konstruksi, utilitas listrik, keselamatan publik, pertambangan, penelitian, perawatan kesehatan, dan hiburan.

Robot ini memiliki kemampuan untuk bisa melintasi medan kasar dengan sangat mudah. Spot pun mampu menyadari para pengunjung yang melakukan pertemuan diam-diam di taman. Bahkan termasuk menyadari tindakan pengunjung, baik yang legal maupun ilegal. Apalagi Singapura tidak pernah main-main dengan hukuman yang diberlakukan bagi masyarakat yang melakukan pelanggaran pembatasan sosial.

Share Button